The Culture Variables Religion and Ethnicity

Posted on Updated on


Penulis & Judul Sumber : Leo Suryadinata, Evi Nurvidya, Aris Ananta dkk, Indonesia Electoral Behavior, Singapore: ISEAS (Institute of Southeast Asian Studies)
Sub Bab : BAB 2: The Culture Variables Religion and Ethnicity
Halaman : 11 – 19
Topik : Variabel Agama dan Suku Dalam Perilaku Pemilih di Indonesia

Deskripsi

Bab 2 tentang variabel agama dan budaya ini dalam buku Indonesia Electoral Behavior memaparkan profil agama dan budaya pada tahun 2000 terkait perilaku pemilih dalam Pemilu. Data yang digunakan dalam pemaparan ini adalah hasil sensus tahun 2000 karena data ini merupakan satu-satunya data yang memiliki informasi tentang etnisitas di Indonesia sejak tahun 1930. Data yang tersedia cukup kaya karena menyajikan dari level nasional hingga ke level kabupaten.

AGAMA

  • Indonesia merupakan negara dengan penduduk keempat terbesar di dunia dengan populasi mencapai 205,84 juta penduduk pada tahun 2000 dengan 88,22% diantaranya yaitu 177,53 juta adalah muslim dengan sebaran terbesar di pulau jawa.
  • Meskipun Indonesia penduduk muslim terbesar di dunia, tetapi negara indonesia sangat terbuka dengan agama-agama diluar Islam. Hal ini dapat dilihat dari ideologi negara pancasila dan diakuinya agama protestan, khatolik, budha, hindu dan konghucu oleh pemerintah Indonesia.
  • Islam masuk ke Indonesia melalui penetrasi damai pada abad 14 yang kemudian menyatu dengan tradisi lama yang telah ada.
  • Kelompok agama minoritas terdiri dari Kristen (khatolik dan protestan) sejumlah 8,92%, Hindu sebesar 1,81% dan Budha 0,84%. Keyakinan diluar 5 agama yang diakui pemerintah dikategorikan dengan “lainnya”
  • Daerah yang memiliki penduduk muslim lebih dari 95% di Indonesia ada di Provinsi Gorontalo, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung dan Aceh.
  • Daerah yang penduduk muslim minoritas ada di Nusa Tenggara Timur (8,80%), Bali (10,29%) dan Papua (24,16%), sementara itu di Maluku memiliki jumlah penduduk muslim dan non muslim yang proporsional yaitu 49,05%
  • Kristen masuk ke Indonesia pada abad ke 16 melalui jalur perdagangan dari Eropa ke wilayah Indonesia bagian Timur dan Kristen Protestan mengambil perang penting sejak abad 17.
  • Hindu dan Budha merupakan agama awal masyarakat Indonesia. Hindu masuk melalui jalur perdagangan dari India diawal abad. Sekarang (tahun 2000), mayoritas agama Hindu mayoritas berdomisili di pulau Bali (73,35%).
  • Agama Budha masuk ke Indonesia pada awal abad 15 hal ini diketahui melalui raja Sailendra yang membangun Candi Borobudur. Kerajaan besar di Nusantara, Sriwijaya merupakan kerajaan Budha. Budha masuk kembali ke Indonesia pada awal abad 20 dalam jumlah kecil dimana sebagian besar dari etnis China. Pada tahun 2000 ada dua daerah konsentrasi Budha yaitu di Bangka Belitung (7,23%) dan Kalimantan Barat (6,41%).
  • Untuk tingkat Kota, daerah dengan penduduk muslim terbesar ada di Kota Ternate ibu Kota Maluku Utara sebesar 98,56%. Terdapat 3 (tiga) Kota yang penduduk muslimnya diatas 95% yaitu Kota Gorontalo ibu Kota dari Provinsi Gorontalo memiliki 96,87% penduduk muslim. Banda Aceh (97,18%), Padang (96,28%) dan Banjarmasin (95,67%). 10 Kota memiliki penduduk muslim diata 80%.
  • Kota dengan tingkat penduduk muslim terkecil ada di Puncak Jaya (0,74%), Paniai (0,92%) dan Jayawijaya (1,67%) di Provinsi Papua. Kota dengan penduduk muslim kecil dibawah 5% ada di Nias (4,43%), Tapanuli Utara (3,90%) dan Toba Samosir (3,16%) di Provinsi Sumatera Utara. Tabanan (4,00%), Klungkung (4,98%), Gianyar (2,58%) dan Karang Asem (3,81%) di Provinsi Bali. Belu (2,21%) di Provinsi NTT. Seluruh kota yang disebutkan tadi berada di Indonesia bagian Timur kecuali 3 (tiga) kota di Sumatera Utara.
  • Terdapat hal yang berbeda yaitu dengan Provinsi yang mayoritas Muslim, tetapi terdapat kabupaten yang penduduk muslimnya minoritas. Pada Provinsi Sumatera Barat dengan 97,78% muslim, terdapat Kabupaten Mentawai yang konsentrasi muslimnya hanya 18,61%. Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki muslim sebesar 89,20% terdapat Kabupaten Tana Toraja dimana penduduk muslim hanya 18,61% dan didominasi oleh penduduk beragama Kristen.
  • Meskipun negara Indonesia multi agama dengan Islam sebagai agama mayoritas, konsentrasi muslim dari daerah satu dengan daerah yang lain sangat bervariasi.Varisasi terbesar dapat dilihat pada level Kabupaten pada beberapa Provinsi dimana pada Provinsi yang memiliki penduduk muslim besar tetapi terdapat kabupaten yang muslim menjadi minoritas disana.

ETNISITAS

  • Indonesia memiliki lebih dari 1.000 etnis/sub etnis. Suku Jawa merupakan suku mayoritas dengan persentase 41,71% dari jumlah penduduk Indoensia. Suku terbesar kedua adalah suku Sunda sejumlah 15, 41%. Terdapat gap yang tinggi antara suku terbesar pertama dengan terbesar kedua, demikian juga suku terbesar kedua dengan ketiga yang berjumlah 3,45% yaitu suku melayu. Terdapat 12 suku mayoritas yang memiliki jumlah 1,0%.
  • Pertumbuhan suku 70 tahun terakhir menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Suku melayu memiliki pertumbuhan yang paling cepat diatas rata-rata pertumbuhan 11 suku besar dengan tingkat pertumuhan 2,85% dari tahun 1930 – 2000. Pertumbuhan yang paling lambat adalah suku madura yaitu 0,65%. Pertumbuhan suku jawa pertahun rata-rata 1,58%, dibawah angka pertumbuhan suku sunda.
  • Pertumbuhan suku Jawa dalam 70 tahun terkahir mengalami kenaikan 3 kali lipat mengalami peningkatan 27,81 juta. Sementara itu suku jawa yang berada diluar pulau jawa sebanyak 26,65% dari total pupulasi suku jawa. Populasi suku Jawa terbesar berada di Provinsi Jawa Tengah dengan 30,29%, sementara populasi terkecil populasi jawa berada di provinsi Gorontalo sebanyak 20.000 an jiwa.
  • Suku jawa merupakan satu-satunya suku yang ada hampir diseluruh Provinsi di Indonesia. Provinsi Jawa Tengah (97,95%) dan Provinsi Jogyakarta (97,82%) merupakan dua Provinsi yang memiliki populasi suku Jawa terbesar. Provinsi Nusa Tenggara Timur (0,81%) adalah provinsi yang paling sedikit populasi suku jawa nya.
  • Provinsi Jawa Barat merupakan domisili terbesar dari suku sunda, tetapi beberapa kabupaten terdapat populasi suku jawa yang tinggi, seperti di indramayu (87,34%), Bekasi (31,60%), Depok (28,10%) dan Cirebon (19,80%).
  • Konsentrasi suku jawa di Jakarta hanya 35,16% tetapi ini merupakan suku dengan jumlah terbesar disana.
  • Provinsi diluar pulai Jawa yang memiliki populasi suku jawa terbesar ada di Provinsi Lampung yang menjadi salah satu tujuan program transmigrasi. Pada Ibukota Provinsi Lampung sebesar 78,60%, Kabupaten Lampung Timur sebesar 78,30% dan di beberapa kabupaten lain diatas 50%.
  • Daerah lain diluar pulau jawa dengan konsentrasi suku jawa tinggi ada di Sumatera Utara sebesar 32,62% atau sekitar 3,8 juta jiwa. Dibeberapa Kabupaten di Sumatera Utara memiliki populasi suku jawa diatas 50% yakni Kabupaten Binjai (51,01%), Asahan (51,89%), Deli Serdang (52,70%) dan Langkat (55,87%).
  • Berdasarkan data tersebut diatas, 153 Kabupaten/Kota dari total 340 Kabupaten/Kota di Indonesia memiliki populasi suku jawa sekitar 10%.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s